Pilihan Mainan yang Memiliki Kelebihan untuk Melatih Regulasi Emosi Anak

f:id:PrestasiGlobal:20200609112914j:plain

Pilihan Mainan yang Memiliki Kelebihan untuk Melatih Regulasi Emosi Anak

Pemainan anak – Perlu diketahui, karakter seorang anak mulai terbentuk pada usia dini. Untuk itu, sangat penting bagi orang tua mengajarkan dan melatih anak mengenai kecerdasan emosional yang kuat dan baik sejak dini. Hal ini akan membantu mereka dalam menyongsong kehidupan dewasa di masa depan nanti. Berdasarkan definisinya, regulasi emosi merupakan suatu kemampuan untuk menurunkan, menjaga dan meningkatkan dorongan emosi seseorang yang berperan pada proses perkembangan afeksi, emosi dan sosial.

Dalam sebuah penelitian longitudinal menunjukkan jika ketidakmampuan meregulasi emosi ialah faktor risiko penting yang akan membentuk perilaku agresif pada seseorang. Tentu saja hal ini sangat tidak baik dan sebisa mungkin harus diatasi secepatnya. Anda bisa memulai dari melatih regulasi emosi anak saat usia dini. Regulasi emosi secara tidak langsung akan mempengaruhi interaksi sosial serta keberlangsungan hidup seorang manusia dan sebagai orang tua yang baik sudah sepatutnya Anda membimbing buah hati untuk menempa kekuatan serta kecerdasan emosional mereka. Pada usia prasekolah, kemampuan regulasi emosi seorang anak biasanya akan dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya yaitu lingkungan rumah dan sekolah.

Maka dari itu, melatih regulasi emosi pada seorang anak usia prasekolah merupakan intervensi yang dilakukan di rumah maupun sekolah dengan melibatkan peranan orang tua serta gurunya, dan Anda jelas harus bisa mengoptimalkannya. Ada banyak permainan dan kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan dalam rangka melatih regulasi emosi pada anak. Sebagai informasi tambahan, berikut ini kami rangkum beberapa permainan edukatif sederhana dan mudah dilakukan para orang tua untuk melatih anak mengenali dan mengembangkan kecerdasan emosinya.

Papan Permainan

Anak-anak yang lahir antara tahun 2010 hingga 2015 dianggap anak generasi alfa. Karakter utama mereka ialah tumbuh di era rimba teknologi, di mana mereka akan menginginkan segala sesuatu yang serba cepat, kurang menghargai proses dan menjadikan gadget sebagai kebutuhan utama. Anak pada generasi ini bisa dikatakan cukup kesulitan mengenali dan meregulasi emosinya sendiri, apalagi jika dihadapkan untuk memahami orang lain. Hanya saja, generasi alfa juga memiliki keunggulan seperti lebih kritis, paling terdidik, memiliki inovasi tinggi, cerdas dan sangat kreatif. Melihat fakta ini, tentu saja dalam pelatihan regulasi emosi anak generasi alfa juga harus dilakukan dengan cara-cara yang inovatif.

Salah satunya dengan melakukan papan permainan anak-anak. Saat ini ada berbagai jenis papan permainan seru yang bisa dimainkan anak usia dini. Karnaval Seru merupakan salah satu papan permainan yang cukup populer hari ini. Permainan ini akan dimainkan oleh 2 hingga 4 orang, namun tetap Anda para orang tua harus menemani buah hati tercinta. Papan permainan ditargetkan untuk anak usia 5 hingga 9 tahun dengan ciri permainan yang hampir sama dengan Monopoli. Hanya saja, kartu-kartu yang ada di papan permainan ini berisikan hal-hal menantang yang berkaitan dengan kemampuan sosial emosional pada anak.

Melalui permainan ini Anda akan membimbing anak untuk mengasah kemampuan sosial emosinya bahkan mengenali karakter anak lebih baik lagi. Dengan demikian, Anda bisa secepatnya merespon kebutuhan emosi anak. Papan permainan Karnaval Seru dimulai dari titik ‘Mulai’ menggunakan dadu, di mana pada setiap langkah pemain akan diminta membaca tantangan dan wajib menjawab atau melakukannya. Permainan ini sendiri ialah hasil dari kolaborasi antara Klinik Psikologi dan Pusat Terapi Menteri Anakku dan The Menthilis Project.

Selengkapnya baca di : https://www.prestasiglobal.id/mainan-untuk-melatih-regulasi-emosi-anak/