6 Cara Mengajarkan Anak Supaya Rajin Sikat Gigi

f:id:PrestasiGlobal:20200609113155j:plain

6 Cara Mengajarkan Anak Supaya Rajin Sikat Gigi

Cara membuat anak rajin sikat gigi mungkin cukup membuat pusing sebagian orang tua, apakah Anda salah satunya? Memang benar biasanya anak-anak sangat sulit untuk diajak menyikat gigi. Padahal faktanya kesadaran membersihkan gigi harus diajarkan sejak dini sehingga mereka akan terbiasa saat besar nanti. Dalam sebuah riset, Juliette Scott yang merupakan seorang dokter gigi spesialis gigi anak dari Australian Dental Association menjelaskan jika kebiasaan merawat mulut dan gigi dimulai pada usia bayi 4 bulan ke atas. Pada kondisi ini, Anda bisa menggunakan kasa steril basah untuk membersihkan bagian mulut dan gigi si kecil dan berikan pula sedikit pijatan lembut pada gusi buah hati Anda.

Sebelum memasuki usia 1 tahun, Anda harus tetap membersihkan gigi dan mulut si kecil namun tidak perlu menggunakan sikat gigi dan odol. Pada usia ini anak belum mengonsumsi makanan padat sehingga perawatannya juga cukup sederhana. Setelah berumur 1 tahun ke atas, anak-anak mulai mengkonsumsi makanan padat sehingga diperlukan pasta gigi untuk melepas semua perlekatan sisa makanan yang ada di sela giginya. Mungkin cukup sulit, namun Anda tetap harus mengajarkan si kecil menyikat gigi. Biasakan anak untuk menyikat gigi minimal 2 kali sehari, yaitu sebelum tidur dan saat bangun pagi setelah sarapan.

Kebiasaan yang telah dilakukan sejak dini akan membuat mereka memiliki suatu kewajiban yang harus dituntaskan. Saat mereka lupa, mereka akan merasa sesuatu yang kurang jika tidak menggosok gigi. Ajarkan pula pada si kecil jika kebiasaan rajin menyikat gigi ialah bekal untuk memperoleh gigi-gigi yang sehat hingga dewasa kelak. Perlu diketahui, gigi dan mulut yang tidak terawat akan memicu berbagai masalah kesehatan, dan tentu saja Anda tidak menginginkannya bukan? Untuk membantu Anda mengajarkan cara mengembangkan kebiasaan menyikat gigi pada buah hati, berikut ini kami rangkum beberapa trik khusus untuk menyiasati anak agar menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan cara menyikat gigi secara teratur. Yuk, simak detail informasi berikut ini!

  1. Gunakan Sikat Gigi Imut
    Seperti yang diketahui, saat ini ada berbagai jenis sikat gigi yang dijual di pasaran. Mulai dari sikat gigi orang dewasa hingga anak-anak yang bentuknya lucu dan menarik perhatian si kecil. Untuk menarik minat anak, Anda bisa memilih sikat gigi lucu yang memiliki bentuk imut dan berwarna cerah. Hari ini bahkan beberapa brand pasta gigi telah memasukkan berbagai karakter populer  seperti tokoh kartun, superhero, penyanyi dan lainnya untuk menyiasati anak menyikat gigi. Jauh lebih bagus lagi jika Anda bisa mengajak si kecil memilih sendiri bentuk sikat gigi sesuai keinginannya. Tentu mereka akan lebih bersemangat bermain dengan sikat gigi favoritnya.
    Coba saja ajak anak Anda ke supermarket untuk memilih sikat gigi dan pasta gigi dengan desain plus warna yang disukainya. Sebagai orang tua yang bijak Anda tetap harus memperhatikan detail sikat dan pasta gigi yang tepat sehingga tidak membahayakan si kecil. Coba perhatikan sikat gigi yang dipilih terbuat dari aman, memiliki ujung kepala yang kecil dan bulat, ukurannya sesuai untuk si kecil kesayangan, memiliki bulu sikat yang lembut dan kuat serta memiliki pegangan yang mantap dan nyaman saat digunakan anak nanti. Perlu diingat, pegangan yang licin bisa mengejutkan bahkan melukai mulut si kecil. Selain itu, pastikan pula untuk mengganti sikat gigi minimal setiap 3 bulan sekali atau saat sikat gigi mulai rusak.

Selengkapnya baca di : https://www.prestasiglobal.id/6-cara-supaya-anak-rajin-sikat-gigi/