8 Cara Mengajarkan Anak Menulis

f:id:PrestasiGlobal:20200402172344j:plain

8 Cara Mengajarkan Anak Menulis

Anak – anak yang mulai memasuki tahapan sekolah dasar, tentu akan mempelajari banyak hal, seperti berhitung, membaca dan menulis. Ketiganya menjadi kebutuhan dasar dan penting agar proses belajar anak bisa lebih baik. Walaupun sudah diajarkan di sekolah formal, orang tua tetap tidak boleh lepas tanggung jawab dan perlu membantu anak belajar dengan baik. Kebiasaan belajar di rumah tetap harus diterapkan.

Pelajaran penting yang bisa dilakukan adalah membantu anak cara menulis rapih. Pasalnya, kebanyakan anak belum memiliki kemampuan untuk bisa menulis dengan baik. Terlebih, untuk anak yang baru belajar menulis. Nah, berikut ini beberapa cara mengajarkan anak menulis dengan rapi.

Latihan dasar memegang alat tulis

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengajarkan anak bagaimana cara memegang pensil yang benar. Anda bisa memulai dengan pensil bukan dengan bolpoin. Pasalnya, jika ada kesalahan pensil bisa dihapus. Cara memegang pensil juga harus dicontohkan dengan baik oleh orang tua. Cara baik memegang pensil selama ini adalah memegang bagian pensil dengan jari telunjuk dan ibu jari. Untuk ketiga jari lainnya berada di belakang jari telunjuk dan mengikuti arah pensil.

Kemudian tentukan juga arah jari tangan dengan ujung pensil serta tekanan untuk menulis di kertas menggunakan pensil, tidak terlalu lemah dan tidak terlalu kuat. Lakukan gerakan ini beberapa kali hingga anak – anak paham dan terbiasa memegang pensil dengan benar.

Selain itu, cara mengajarkan anak menulis, terlebih memegang alat tulis bisa mencontoh dari salah satu program pendidikan yang ada di Singapura, yakni anak belajar menulis huruf di udara dengan menggunakan tangan. Hal ini dilakukan agar anak terbiasa untuk mengontrol gerakan tangannya saat memegang alat tulisnya. Gerakan bisa dimulai dari huruf besar kemudian huruf kecil.

Mulai latihan menulis

Kemudian mulailah untuk anak menulis. Pembelajaran pertama menulis yang harus dilakukan adalah memberikan kertas bergaris untuk menulis. Untuk tulisan yang biasanya ada dua garis yang berurutan. Garis tersebut menjadi garis bantu untuk memulai tulisan huruf besar dan huruf kecil. Kemudian, ajarkan anak dimana titik untuk menulis huruf kecil dan huruf besar.

Pengajaran menulis untuk anak harus dilakukan dengan pelan dan lambat. Anda bisa meminta anak menuliskan satu huruf saja dalam satu lembar kertas yang diberikan. Lakukan langkah ini selama beberapa kali hingga satu huruf yang dituliskan cukup rapi. Lanjutkan dengan menuliskan huruf lainnya hingga semua huruf yang ditulis bisa dibaca. Baru setelah itu, bisa meminta anak menuliskan beberapa kata.

Setelah anak bisa menulis beberapa kata dengan rapi, ajari untuk menulis huruf dengan sejajar. Kalau huruf yang ditulis miring atau tidak rata, maka bisa meminta anak untuk menghapusnya dan mengulangi menulis lagi. Paling penting anak harus bisa membuat tulisan yang segaris. Maka dari itu, kemampuan motorik sangat penting untuk proses pembelajaran menulis ini.

Paling penting saat melatih anak menulis dengan rapih adalah memberikan contoh yang baik bagaimana tekanan pensil yang diberikan saat menulis. Kebanyakan anak berpikir bahwa menulis dengan pensil harus menggunakan tekanan yang kuat. Pasalnya, kalau tidak kuat tulisan dengan pensil tidak akan terbaca atau tidak jelas. Sebenarnya hal ini yang membuat tulisan anak terlihat tidak rapi karena bekas pensil yang terlalu hitam dan tidak jelas. Sebelum mengajarkan menulis huruf dengan baik, contohkan pada anak bagaimana memberikan tekanan yang benar saat menulis. Perhatikan juga apakah anak memegang pensil terlalu keras. Pasalnya, kalau terlalu keras juga tangan anak akan mudah lelah dan tulisan menjadi lebih tebal.

Selengkapnya baca di : https://www.prestasiglobal.id/8-cara-mengajarkan-anak-menulis/

 

SD Unggulan Depok

 

Sekolah Playgroup Depok

 

Sekolah TK Unggulan

 

TK Islam Pilihan

 

Sekolah Terbaik Jakarta Selatan

 

Jasa SEO Berkualitas

 

Jasa SEO Terbaik Bulanan

 

Jasa SEO Terbaik Bali