10 Cara Alami Mengatasi Pilek Pada Anak

f:id:PrestasiGlobal:20200402190240j:plain

10 Cara Alami Mengatasi Pilek Pada Anak

Memasuki musim penghujan, biasanya tubuh akan lebih rentan terkena pilek dan flu. Bukan hanya orang dewasa, tapi juga anak-anak dan balita yang imunitasnya masih berkembang. Meskipun tidak termasuk penyakit kronis, tapi gejala pilek seperti demam, hidung tersumbat, dan batuk membuat buah hati Anda merasa tidak nyaman karena sulit bernapas.

Umumnya, tindakan pertama yang orang tua ambil adalah membawanya ke dokter untuk mengobati flu pada anak. Tapi sayangnya, tidak semua obat aman untuk dikonsumsi anak-anak. Jika sudah begitu, Anda perlu mencari solusi alternatif guna mengatasi pilek. Salah satunya adalah dengan cara alami mengatasi pilek pada anak berikut ini.

Cara Alami Mengatasi Pilek Pada Anak-anak

Ketika si kecil terserang pilek dan flu, Anda bisa mengatasinya dengan cara-cara alami yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan cairan terpenuhi
    Cara alami ketika anak flu adalah dengan memastikan bahwa mereka tetap terhidrasi. Kondisi tubuh anak yang tidak kurang cairan dapat membantu mengatasi hidung mampet. Dengan begitu, pernapasan si kecil akan terasa lebih lega dan tubuhnya tidak lesu karena kurang cairan. Anda dapat memberikan air putih atau campuran air jeruk nipis dan madu pada si kecil.
  2. Mengatasi pilek dengan madu
    Sifat antibakteri dan antimikroba yang terkandung dalam madu diyakini mampu membantu mengatasi flu pada anak ataupun orang dewasa. Berdasarkan pada hasil penelitian, mengonsumsi 15 ml madu atau setara dengan satu sendok teh setengah jam sebelum tidur berguna untuk mengatasi gejala pilek seperti batuk. Selain itu, si kecil juga akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Akan tetapi, penggunaan madu untuk anak di bawah usia satu tahun tidak dianjurkan, sebab, dikhawatirkan akan menimbulkan risiko botulisme.
  3. Istirahat yang cukup
    Cara mengatasi pilek selanjutnya adalah dengan memastikan si kecil beristirahat dengan cukup. Bila si kecil tidak bisa tidur pada malam harinya, tidurkan buah hati Anda pada pagi atau siang harinya. Untuk anak-anak di usia lima tahun ke atas yang mulai aktif, Anda bisa memberikan pengertian pada mereka pentingnya istirahat yang cukup ketika sedang sakit.
  4. Meningkatkan kekebalan tubuh
    Saat terserang pilek, Anda perlu memastikan kekebalan tubuh si kecil meningkat supaya dapat melawan virus yang menyebabkan penyakit. Beberapa cara yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh diantaranya adalah mengkonsumsi probiotik, vitamin C, serta memastikan kebutuhan seng dalam tubuh terpenuhi dengan baik.
  5. Pelembab udara di kamar anak dan mandi air hangat
    Menempatkan pelembab udara di kamar anak Anda berguna menjaga kelembaban jalan napas. Cara ini dapat membantu mengatasi pilek dan batuk. Selain itu, Anda dapat memandikan si kecil dengan air hangat meskipun mereka tengah pilek. Sebab, memandikan si kecil dengan air hangat dapat membuatnya merasa lebih nyaman. Air hangat dengan suhu hangat-hangat kuku juga mampu menurunkan demam anak.
  6. Mengatasi pilek dengan penyedot ingus
    Banyak orang tua menggunakan penyedot ingus ketika anak sedang pilek. Terutama untuk anak yang belum bisa mengeluarkan ingusnya sendiri. Namun, perlu diingat, bahwa Anda harus mensterilkan ujung penyedot ingus terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Anda bisa menggunakan alkohol untuk mensterilkannya.
  7. Menghirup uap air
    Saat pilek biasanya saluran pernapasan akan tersumbat. Untuk mengatasi pilek secara alami sekaligus melancarkan hidung, Anda bisa menggunakan cara menghirup uap air. Mintalah si kecil untuk menghirup uap yang mengepul dari air panas pada baskom yang telah dicampur minyak kayu putih atau balsem pelega pernapasan.

Selengkapnya baca di : https://www.prestasiglobal.id/10-cara-alami-mengatasi-pilek-pada-anak/

 

SD Depok

 

Playgroup Pilihan Depok

 

TK Bagus Depok

 

TK Islam Pilihan Depok

 

SD Pilihan Jakarta Selatan

 

Jasa SEO Profesional Jakarta

 

Jasa SEO Berkualitas Jakarta

 

Jasa Artikel SEO Jakarta