5 Langkah Cara Mengajarkan Anak Membaca

f:id:PrestasiGlobal:20200402165046j:plain

5 Langkah Cara Mengajarkan Anak Membaca

Banyak orang merasa cara mengajarkan anak membaca itu sulit. Hal ini tentu tidak benar. Asalkan si anak mendapatkan pendampingan yang benar, prosesnya biasanya tidak akan terasa sulit. Memang hal ini memerlukan waktu dan perhatian dari orang tua, tapi jika prosesnya menyenangkan bagi si anak dan Anda, tentu hal ini tidak akan terasa berat. Untuk membantu Anda mengajarkan proses membaca yang baik dan menyenangkan bagi Anak, mari bersama bahas langkah – langkahnya pada artikel berikut ini!

5 Langkah Untuk Memastikan Anak Bisa Membaca

Jika Anda ingin si anak bisa cepat membaca, di sini akan dibahas 5 langkah yang akan membantu proses belajar si anak hingga bisa ahli membaca tulisan tanpa perlu mengeja. Perlu diingat bahwa kemampuan belajar anak bisa berbeda – beda, Anda harus perhatikan hal ini sebelum menggunakan metode langkah yang selanjutnya. Bila Anda sudah paham tentang hal ini, mari langsung saja bahas 5 cara mengajarkan anak membaca berikut ini:

Buat Proses Mengenal Huruf yang Menyenangkan

Pada tahapan awal, anak harus Anda kenalkan dengan konsep huruf. Pada tahapan ini, mengenalkan alphabet A sampai Z merupakan hal yang penting. Kenalkan pada anak bentuk dan cara mengucapkan huruf tersebut.

Tahapan ini lebih baik dilakukan awal saat anak sudah mulai bisa berbicara dan berkomunikasi dengan jelas. Dari sini, anak bisa mencoba menirukan pengucapan yang Anda lakukan sambil diarahkan tentang bentuk huruf.

Proses ini adalah yang paling mendasar tapi memakan waktu paling lama. Mengenal 26 huruf satu per satu mungkin cukup mudah bagi orang yang sudah terbiasa. Tapi bagi anak kecil, hal ini masih asing. Usahakan dampingi anak secara perlahan sampai mereka familiar dengan huruf dan pengucapannya. Jika diberi arahan benar, tentu anak bisa membaca dengan mudah huruf – huruf tersebut.

Sebagai note, Anda harus jeli dalam melihat bagaimana si anak menyuarakan huruf tersebut. Pengucapan yang salah bisa berpengaruh pada tahapan belajar yang selanjutnya. Jadi jika si anak terdengar melenceng sedikit pengucapan hurufnya, sebisa mungkin coba benarkan sampai suara yang keluar dari si anak sesuai.

Membiasakan Anak Mengucapkan Suku Kata Hingga Hafal

Tahapan berikutnya adalah mengenalkan suku kata dan membiasakan si anak mengucapkannya. Suku kata ini adalah kombinasi antara huruf vokal dan konsonan. Pada proses awal, silahkan kenalkan mereka dengan konsep A, I, U, E, O. Biasakan mereka mengucapkan hal ini tanpa harus menggunakan kombinasi huruf lain.

Jika terlihat sudah lancar, barulah kenalkan suku kata yang menggunakan kombinasi huruf vokal dan konsonan. Hal seperti Ba, Bi, Bu, Be, Bo tentu jadi lebih mudah dimengerti jika si anak sudah bisa mengucapkan huruf pada tahapan pertama dan juga huruf vokal yang dilatih sebelumnya.

Biasakan si anak mengucapkan berbagai kombinasi suku kata ini sampai mereka hafal diluar kepala. Proses menghafal ini tidak perlu ditekan, cukup biasakan saja pada si anak. Saat interaksi sehari – hari, coba ajak si anak mengucapkan suku kata ini. Jika dibiasakan, mereka tentu bisa hafal sendiri tanpa harus dipaksa.

Perbanyak Variasi dan Kombinasi Suku Kata Untuk Anak Baca

Saat sudah mulai terbiasa menyebutkan suku kata dengan susunan A, I, U, E, O, sekarang waktunya belajar membaca kombinasi dan variasi suku kata yang lain. Coba ajari si anak tentang kata – kata yang terbentuk dari suku kata yang mereka sudah pelajari sebelumnya.

Selengkapnya baca di : https://www.prestasiglobal.id/5-langkah-cara-mengajarkan-anak-membaca/

 

SD Terbaik Lokasi Depok

 

Playgroup Pilihan di Depok

 

TK Terbaik Depok

 

Sekolah Islam Unggulan

 

SD Unggulan Jakarta Selatan

 

Jasa SEO Terbaik Jakarta

 

Jasa SEO Terbaik Indonesia

 

Jasa SEO Terbaik Profesional