Mengenal 5 Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa

f:id:PrestasiGlobal:20200605160039j:plain

Mengenal 5 Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa

Apakah Anda pernah berpikir sejak kapan komputer ada di dunia ini? Ya, komputer yang merupakan perangkat terpenting hingga saat ini memang sangat berguna. Hampir seluruh teknologi canggih yang ada di dunia dapat dikendalikan melalui komputer. Jadi, kapan komputer pertama kali ditemukan? Simak penjelasan singkat dari 5 sejarah perkembangan komputer dari masa ke masa berikut ini!

Generasi Pertama

Untuk membahas mengenai sejarah komputer maka Anda harus tahu terlebih dahulu apa itu komputer. Nah, ternyata nama komputer berasal dari bahasa latin yakni computare yang artinya alat hitung. Loh, kenapa bisa diberi nama alat hitung? Awal mulanya komputer dirancang sebagai perangkat yang mampu mengolah serta menghitung banyak angka.

Ahli komputer, Donald H. Sanders mengatakan bahwa komputer diartikan sebagai sebuah perangkat maupun sistem elektronik guna memanipulasi data dalam waktu cepat dan tepat secara otomatis menerima, menyimpan serta memproses data yang diinput kemudian menghasilkan output yang diawasi oleh komponen sistem operasi monitor, keyboard, CPU, mouse dan juga printer. Komponen tersebut saling bekerja sama agar dapat menghasilkan informasi sesuai dengan data dan program yang telah ada.

Lantas, siapa penemu komputer pertama kali? Charles Babbage adalah penemu komputer pertama kali. Dirinya adalah seorang ilmuwan matematika yang berasal dari Inggris. Awalnya dia sempat menemukan masalah ketika proses penghitungan dengan menggunakan tabel matematika. Oleh karena itu muncullah ide baru untuk berinovasi agar menciptakan alat yang mampu meminimalisir kesalahan ketika proses hitung berlangsung. Akhirnya nenek moyang komputer yang kala itu diberi nama Difference Engine pertama kali ditemukan. Bayangkan jika mesin ini tidak ditemukan, maka Anda masih hidup di zaman batu tanpa teknologi canggih.

Sejarah dan perkembangan komputer dari generasi pertama sampai sekarang tidak lengkap jika tidak dilengkapi penemuan komputer Z3 pada masa perang dunia kedua. Sejujurnya saat perang dunia kedua berlangsung ada banyak negara yang terlibat berusaha mengembangkan komputer guna kebutuhan peperangan. Salah satu negara yang menjadi pelopor berpengaruh saat proses perkembangan komputer adalah Jerman.

Insinyur Jerman yang ternama kala itu ialah Conrad Zuse berhasil menciptakan seperangkat mesin komputer dengan nama Z3, tepatnya pada tahun 1941. Komputer tersebut berfungsi agar dapat merancang pesawat terbang dan peluru kendali untuk kebutuhan perang dunia. Setelah Jerman, ada negara yang tidak ingin terkalahkan yakni Inggris sehingga pada tahun 1943, Inggris berhasil menciptakan sebuah komputer khusus agar bisa memecahkan kode rahasia milik Jerman. Komputer tersebut diberi nama Colossus.

Tahun 1946, barulah giliran seorang ilmuwan Amerika Serikat yang berhasil membuat komputer serba guna dengan nama ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Computer. Ukuran komputer ini lumayan besar karena memakan tempat yang cukup luas. Bagaimana tidak, ada 18 ribu tabung vakum, 70 ribu resistor, 10 ribu kapasitor, 75 ribu saklar dan 5 juta titik solder dengan berat 30 ton. Inilah awal mula lahirnya komputer generasi pertama. Cukup besar dan pastinya tidak praktis dibawa ke mana saja, bukan?

Generasi Kedua

Setelah melihat sejarah perkembangannya yang pertama, maka Anda tidak boleh ketinggalan dengan sejarah generasi kedua terkait komputer. Komponen yang digunakan untuk merancang sebuah perangkat komputer kala itu adalah teknologi transistor yang menggantikan posisi dan fungsi dari tabung vakum pada komputer generasi pertama. Komponen ini tentunya lebih efisien dibandingkan tabung vakum dengan jumlah fantastis, 18 ribu.

Komputer generasi kedua ini memiliki ukuran yang lumayan lebih kecil apabila dibandingkan dengan komputer tabung vakum. Selain itu daya listrik yang dibutuhkan juga lebih kecil guna pengoperasiannya. Biaya yang dihabiskan untuk pembuatan komputer generasi kedua dapat dikatakan lebih terjangkau apabila dibandingkan dengan komputer tabung vakum.

Bahasa pemrogramannya juga telah dikembangkan menjadi lebih sederhana. Generasi pertama komputer menggunakan bahasa pemrograman mesin, sedangkan pada generasi kedua menggunakan bahasa Assembly serta bahasa simbolik. Bahasa pemrograman tersebut membuat programmer bisa memberikan instruksi menggunakan kata-kata.

Komputer ini termasuk yang lebih sederhana dan tidak terlalu ribet. Oleh karena itu banyak digunakan untuk beberapa instansi seperti perusahaan, pemerintahan dan juga universitas.

Selengkapnya baca di : https://www.prestasiglobal.id/5-sejarah-perkembangan-komputer-dari-masa-ke-masa/