Inilah 8 Tips Belajar Efektif Selama Berpuasa

f:id:PrestasiGlobal:20200605155644j:plain

Inilah 8 Tips Belajar Efektif Selama Berpuasa

Ketika Bulan Ramadhan tiba, tips belajar efektif akan sangat Anda perlukan untuk bisa menunjang proses belajar Anda agar tetap lancar. Mengingat ketika bulan Ramadhan, maka akan banyak hal yang berbeda akan Anda hadapi. Baik dari jam tidur Anda yang kemungkinan berkurang, ibadah Anda, aktivitas rutin yang tidak bisa seperti biasanya, dan ditambah dengan adanya sahur yang mengharuskan Anda untuk bisa bangun lebih pagi. Jika hal tersebut tidak dikelola dengan baik, maka yang ada tubuh Anda akan menjadi lemas, tidak bisa maksimal di dalam menjalankan aktivitas, proses belajar Anda yang juga bisa terhambat karena adanya kebiasaan yang berubah tersebut, dan juga bisa membuat malas di dalam menjalankan aktivitas.

Namun, sebenarnya dengan kehadiran bulan Ramadhan ini tidak seharusnya menjadi alasan bagi Anda untuk bermalas-malasan, khususnya di dalam belajar. Apalagi bagi Anda yang selama bulan Ramadhan masih disibukkan dengan rutinitas sekolah, maka belajar ini haruslah selalu dilakukan. Dengan begitu, di tengah bulan Ramadhan Anda dapat tetap produktif dengan belajar dan menyerap ilmu sebanyak-banyaknya.

Namun tentunya untuk bisa menunjang proses belajar yang nyaman dan lancar, Anda juga perlu untuk mengaturnya. Baik dari segi istirahat, olahraga, dan pemenuhan akan asupan yang bergizi untuk tubuh Anda. Karena dengan tubuh yang bugar akan sangat membantu Anda di dalam menyerap setiap materi yang Anda pelajari.

8 Tips Belajar Efektif Saat Berpuasa

Godaan terberat bagi seorang pelajar ketika harus belajar di saat bulan Ramadhan adalah rasa ngantuk dan malas yang tidak tertahankan. Apalagi ketika Anda belajar tentunya sangat membutuhkan daya konsentrasi yang tinggi. Dan jika selama seharian penuh Anda tidak makan dan minum, maka hal tersebut bisa membuat konsentrasi Anda menjadi turun. Oleh karena itu, agar Anda bisa tetap belajar dengan semangat di bulan puasa, maka inilah tipsnya untuk Anda.

  1. Dapatkan Asupan Yang Bergizi Ketika Sahur
    Makanan yang Anda konsumsi ketika sahur haruslah diperhatikan dengan baik. Pastikan jika makanan yang Anda konsumsi adalah makanan yang bergizi dan hindari untuk makan hingga terasa kenyang. Di mana Anda perlu untuk memenuhi akan kebutuhan karbohidrat komplek, seperti ubi, nasi merah, dan bubur kacang hijau. Lalu temani juga dengan makanan yang mengandung protein yang berasal dari ayam, tahu, dan tempe. Serta tidak ketinggalan penuhi juga akan kebutuhan serat Anda melalui sayur-sayuran dan buah-buahan.
    Memenuhi kebutuhan akan serta melalui sayur dan buah bisa membantu Anda untuk mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama dan mencegah Anda dari datangnya sembelit. Atau Anda juga bisa memenuhi kebutuhan akan vitamin, serta, dan mineral Anda dengan mengkonsumsi kurma. Selain makanan tersebut, jangan lupakan untuk mengkonsumsi air putih secukupnya yang akan melancarkan pencernaan Anda, menjaga metabolisme tubuh, dan menjaga agar tubuh Anda tidak mengalami dehidrasi ketika sedang berpuasa. Usahakan untuk menghindari dalam mengkonsumsi makanan sisa dari buka puasa karena kandungan gizi di dalamnya yang sudah berkurang.
  2. Sempatkan Diri Belajar Setelah Sahur
    Setelah menjalani sahur biasanya akan timbul rasa kantuk yang tidak tertahankan. Namun, perlu diketahui bahwa tidur setelah sahur dapat membuat tubuh Anda menjadi lemas ketika Anda nantinya sudah bangun. Bahkan jika dilihat dari sisi kesehatan, tidur setelah sahur tidaklah baik untuk kesehatan Anda. Di mana makanan yang baru saja Anda cerna dan kemudian Anda langsung tidur, maka sistem pencernaan Anda tidak akan bisa bekerja dengan baik. Dengan demikian, ketika Anda langsung tidur setelah sahur ini bisa membuat Anda mengalami masalah pencernaan dan juga menyebabkan terjadinya kenaikan berat badan.
    Gangguan yang bisa terjadi seperti mulas dan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau adanya asam lambung yang bergerak ke tenggorokan dan akan menimbulkan rasa seperti terbakar. Jadi, akan lebih baik jika Anda memberikan tidur yang lebih pada malam hari atau menghindari untuk tidak tidur terlalu malam dan usahakan untuk menjalankan aktivitas yang ringan-ringan saja setelah bersahur. Setelah sahur ini Anda bisa mengisinya dengan mengaji dan juga belajar.

Selengkapnya baca di : https://www.prestasiglobal.id/8-tips-belajar-efektif-selama-berpuasa/