5 Strategi Ampuh dalam Menumbuhkan Motivasi Murid Untuk Belajar Matematika

f:id:PrestasiGlobal:20200429164254j:plain

5 Strategi Ampuh dalam Menumbuhkan Motivasi Murid Untuk Belajar Matematika

Banyak siswa menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit dan cenderung membosankan. Anggapan tersebut juga berbanding lurus dengan hasil pembelajaran dimana nilai matematika murid di Indonesia cenderung rendah. Bagi guru SD ataupun orang tua yang memiliki anak yang masih duduk di sekolah dasar, mengajarkan matematika bahkan menjadi tantangan tersendiri. Untuk mensiasati rendahnya antusiasme siswa belajar matematika serta meningkatkan hasil belajar, diperlukan trik-trik khusus untuk mengajarkan mata pelajaran ini di kelas maupun di rumah. Guru matematika ataupun orang tua di rumah harus menggunakan cara-cara berbeda dan menyenangkan agar siswa mudah paham dan tidak cepat bosan. Lalu, bagaimanakah cara mengajar matematika yang asik sehingga siswa lebih tertarik dan bersemangat? Berikut cara-cara menyenangkan mengajar matematika yang bisa anda praktekan sendiri di kelas maupun di rumah.

Gunakan Konsep Matematika yang Benar

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk dapat mengajarkan matematika secara efektif kepada anak adalah dengan menggunakan konsep matematika yang benar. Hal ini sangat penting dilakukan karena matematika adalah pelajaran abstrak. Selain itu, anda juga perlu tahu bahwa menurut tahapan perkembangan psikologi, anak-anak dibawah usia 12 tahun memang pada umumnya belum mampu memahami sesuatu yang bersifat abstrak dengan baik. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan konsep matematika yang benar saat mengajarkan mata pelajaran ini kepada anak. Hal ini akan memudahkan siswa dalam memahami rumus-rumus ataupun cara berhitung dengan lebih baik.

Penggunaan konsep matematika yang benar ini haruslah diterapkan secara tepat, seperti misalnya ketika anda harus mengajarkan tentang konsep angka dan bilangan kepada siswa sekolah dasar. Penting sekali untuk membuat mereka paham bahwa, sebagai contoh, angka “5” merupakan sebuah lambang bilangan sementara “lima” merupakan nama bilangan. Para siswa akan mengalami kesulitan dalam memahami konsep tersebut jika anda hanya menjelaskan kepada mereka secara lisan. Diperlukan contoh nyata untuk membantu mereka memahami konsep abstrak ini dengan lebih mudah. Menggunakan alat peraga atau media tertentu saat menjelaskan konsep ini akan sangat membantu. Para siswa akan memiliki gambaran yang lebih konkret tentang apa yang dijelaskan dengan adanya alat peraga tersebut.

Anda bisa menggunakan barang sehari-hari atau benda-benda yang bisa ditemukan di kelas dan familiar bagi siswa sebagai alat peraga. Menggunakan buah-buahan, alat tulis, atau benda-benda di sekitar lainnya bisa menjadi salah satu alternatif pilihan cara mengajarkan matematika SD. Anda bisa mengambil 5 buah apel untuk menerangkan konsep angka dan bilangan “5” ini. Cara tersebut akan membantu anda mengubah nilai “5” yang tadinya bersifat abstrak menjadi lebih konkret dalam pandangan siswa. Berbeda halnya dengan mata pelajaran lain yang lebih cenderung menggunakan tagline kontekstual, matematika lebih menggunakan tagline konseptual dalam praktek pengajarannya. Ini adalah tagline dimana suatu konsep konkret yang telah dikenali dan dipahami siswa dibawa menuju konsep yang lebih abstrak. Dengan menerapkan konsep matematika yang benar pada proses pembelajaran, sifat matematika yang abstrak tidak akan lagi menjadi kendala. Siswa akan lebih mudah memahami materi yang diajarkan dan hasil belajarpun dengan sendirinya akan meningkat.

Menerapkan Metode, Teknik, Model, dan Pendekatan yang Tepat

Selain konsep, guru juga perlu menerapkan metode, model, teknik, dan pendekatan yang benar sebagai salah satu cara mengajarkan matematika yang efektif dan mudah. Tujuan pembelajaran matematika akan mengalami disorientasi jika model, teknik, metode, dan pendekatan yang diterapkan tersebut tidak sejalan dengan materi pelajaran itu sendiri.

Selengkapnya baca di : https://www.prestasiglobal.id/5-strategi-memotivasi-murid-untuk-belajar-matematika/