Berikut 3 Keutamaan Baik Disaat Memberi makan Orang yang Berpuasa di Bulan Ramadhan

f:id:PrestasiGlobal:20200605161107j:plain

Berikut 3 Keutamaan Baik Disaat Memberi makan Orang yang Berpuasa di Bulan Ramadhan

Bulan puasa merupakan bulan yang penuh dengan berkah. Allah SWT akan mengganjar setiap manusia yang melakukan perbuatan pada bulan suci ini bahkan hingga berkali-kali lipat. Salah satu pahala besar yang akan didapatkan yaitu apabila ikhlas memberi makan kepada orang yang berpuasa. Momen ini juga dijadikan sebagai ajang silaturahmi serta bersedekah terhadap yang membutuhkan.

Keutamaan Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan Dalam Islam

Ketika tiba pada tanggal 1 ramadhan, ummat Islam dari berbagai penjuru dunia mulai melaksanakan ibadah puasa. Orang yang berpuasa akan menahan nafsu, makan, dan minum ketika sedang melaksanakannya. Puasa dilaksanakan dari mulai waktu shubuh hingga waktu maghrib. Sebelum berpuasa akan melaksanakan makan sahur terlebih dahulu sebelum waktu shubuh agar mempunyai sumber untuk tenaga selama sehari penuh.

Pada bulan yang suci ini, tentunya segala sesuatunya dilancarkan sebaik-baiknya oleh Allah SWT. Orang-orang yang melaksanakan ibadah puasa ramadhan akan mendapatkan berbagai kebaikan dan pahala yang luar biasa dari Allah SWT. Allah SWT akan memberikan ampunan atas dosa-dosa orang yang berpuasa serta menuntunnya kepada jalan yang lebih baik. Oleh sebab itu, dekatkanlah diri kepada Allah SWT terutama ketika ramadhan.

Manfaat Dari Berpuasa di Bulan Ramadhan

Allah SWT memerintahkan untuk ummat Islam agar melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan. Tentu hal ini bukanlah tanpa alasan karena ini merupakan perintah Allah SWT yang harus untuk dikerjakan. Barangsiapa yang mengerjakannya, tentunya akan mendapatkan balasan yang sebaik-baiknya dari Allah SWT.

Berikut ini adalah manfaat dari berpuasa di bulan ramadhan :

  1. Menghapus Dosa
    Sebagai manusia, tentu kita tidak luput dari perbuatan-perbuatan dosa. Namun, Maha Besar Allah SWT dengan segala kerendahan hati-Nya yang maha pengampun untuk seluruh ummat maka Allah SWT akan menghapus dosa orang-orang yang khusyu dan ikhlas dalam menjalankan ibadah puasa. Hal ini tentunya merupakan mukjizat yang luar biasa. Diharapkan agar manusia bisa semakin memperbaiki diri dan tidak lagi melakukan dosa.
  2. Meninggikan Derajat
    Orang yang berpuasa akan ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT. Dengan kenikmatan ini, tentunya kita harus semakin meningkatkan ibadah agar bisa selalu senantiasa menjadi makhluk yang dirahmati oleh Allah SWT dan senantiasa menjaga iqbaal ramadhan.
  3. Lebih Dekat Dengan Allah SWT
    Ketika menjalankan ibadah puasa, seluruh ummat Islam akan berbondong-bondong melakukan berbagai ibadah lainnya untuk bisa mendekatkan diri kepada Allah. Dengan berpuasa tentunya akan menuntun melaksanakan ibadah lainnya menjadi lebih semangat. Selain itu, hati dan pikiran pun akan menjadi semakin tenang dan sabar.
  4. Senantiasa Bersyukur Atas Nikmat yang Diberikan Oleh Allah SWT
    Kerap kali kita sebagai manusia lupa akan segala nikmat yang sudah diberikan oleh Allah SWT. Ketika melaksanakan ibadah puasa ramadhan maka merupakan momentum yang pas untuk menyadarkan diri untuk senantiasa bersyukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita.
  5. Menjauhkan Diri Dari Perbuatan Maksiat
    Ketika berpuasa, maka Allah SWT akan menuntun kita kepada kebaikan dan menjauhkan dari segala keburukan termasuk maksiat. Tentunya hal ini juga harus dibarengi dengan niat untuk selalu menjauhkan diri dari maksiat.
  6. Mendorong Keinginan Untuk Selalu Berbuat Baik dan Bersedekah
    Akan selalu muncul keinginan untuk berbuat baik dan bersedekah ketika melaksanakan ibadah puasa. Ketika berpuasa, kita menjadi tersadarkan akan bagaimana perasaan saudara seiman kita yang tak mampu bahkan untuk sekedar makan saja. Hal ini juga yang mendorong kita untuk senantiasa selalu bersedekah.
  7. Detoksifikasi Tubuh Dari Berbagai Penyakit
    Tak hanya dari segi rohani saja manfaat yang bisa dirasakan ketika sedang berpuasa, akan tetapi dari segi jasmani pun akan merasakannya. Tubuh akan menjadi lebih kuat dan sehat karena ketika berpuasa tubuh akan mengalami detoksifikasi sehingga segala zat-zat tidak baik yang terdapat didalam tubuh dapat dikeluarkan.

Kelebihan Bulan Ramadhan Dibanding Bulan-Bulan Lainnya

Bulan ramadhan mempunyai keunggulan jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Dengan background ramadhan yang baik ini, Allah SWT membuka pintu surga selebar-lebarnya dan menutup pintu neraka.

Selengkapnya baca di : https://www.prestasiglobal.id/3-keutamaan-memberi-makan-orang-yang-berpuasa-di-bulan-ramadhan/