Menyimak Sejarah Tentang Perkembangan Alat Komunikasi Telepon

f:id:PrestasiGlobal:20200505155249j:plain

Menyimak Sejarah Tentang Perkembangan Alat Komunikasi Telepon

Perangkat komunikasi telepon sudah menjadi salah satu alat komunikasi wajib bagi semua orang di seluruh dunia. Mungkin terasa sulit jika tidak mempunyai telepon karena kegunaannya sangat dibutuhkan untuk membantu proses komunikasi dengan siapa saja dan dari mana saja. Kata telepon berasal dari kata tele dan phone. Lalu arti dari telepon sendiri merupakan alat yang dapat digunakan untuk menyampaikan suara yang berasal dari jarak jauh. Sejarah perkembangan telepon sendiri bisa dibilang cukup panjang sampai sekarang kamu mempunyai smartphone di rumah masing-masing.

Apakah kamu penasaran, siapakan yang pertama kali menemukan telepon? Kapan tahun ditemukan telepon? Bagaimana awal penemuannya bisa berkembang hingga saat ini. Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, kali ini artikel akan membahas seputar sejarah telepon dari penemunya hingga perkembangannya dari masa ke masa hingga sekarang ini.

Siapa penemu telepon?

Mungkin anda sudah pernah mendengar tentang tokoh penemu telepon yaitu Alexander Graham Bell. Namun sebenarnya orang yang paling berjasa dalam penemuan telepon adalah Antonio Meucci yang berasal dari Italia. Jadi apa peran Alexander Graham bell sampai bisa dinobatkan sebagai penemu telepon pertama di dunia?

Kamu harus tahu jika para ahli sejarah sebenarnya sudah sering memperdebatkan terkait siapa yang pertama kali menemukan telepon di dunia. Ada beberapa tokoh populer lainnya yang menjadi perdebatan, seperti Antonio Meucci, Johan Philipp Reis, Alexander Graham Bell, Zenos Wilber, Thomas Alfa Edison dan Elisha Grey. Masing-masing tokoh tersebut memang mengklaim bahwa mereka lah yang pertama kali sudah menemukan konsep telepon terlebih dahulu. Namun sekitar tahun 1870, para ahli sejarah sepakat jika Bell merupakan penemunya.

Namun setelah diadakan penelitian lebih mendalam, bisa ditemukan jika terdapat dugaan plagiarisme dari karya Meucci oleh Bell sendiri. Sampai pada akhirnya Kongres Amerika Serikat di tahun 2002 sudah menetapkan bahwa Meucci merupakan tokoh pertama kali yang menemukan konsep telepon. Sayangnya, Meucci sendiri sudah meninggal di tahun 1889 dan tidak sempat melihat kemenangan tersebut.

Awal mula perkembangan telepon

Meski Bell bukan orang pertama yang memberikan konsep telepon, namu Bell tetap menjadi peran penting dalam teknologi telepon yang sudah melakukan pengembangan penting. Bell sendiri yang sudah membuat telepon dapat diwujudkan dalam bentuk secara fisik dengan karya pertamanya yang dikenal dengan Liquid Transmitter. Karya tersebut masih menggunakan sistem yang sangat sederhana, menggunakan kawan yang ditemukan dengan air yang mempunyai sifat asam dan konduktor. Lalu keduanya bisa menimbulkan tegangan yang bisa mengirimkan percakapan antara dua telepon yang digunakan.

Dalam hal ini, karya tersebut adalah wujud telepon pertama kali di dunia dan menjadi sebuah inovasi besar di masanya. Lalu mulailah dikembangkannya telepon seiring berjalannya waktu baik dari segi teknologi, bentuk dan fungsi. Artikel akan menjelaskan beberapa telepon fenomenal dari tahun 1880 an hingga tahun 1970, langsung simak informasi di bawah ini.

Gower Bell tahun 1880

Gower Bell meruapakn telepon yang dirancang atau didesain oleh Frederic Allan Gower dengan menggunakan sedikit inovasi dari karya pertama tersebut milik Bell sebelumnya. Bahkan telepon satu ini juga sudah digunakan sebagai telepon standar British Post Office hingga beberapa tahun lamanya.

Strowger tahun 1905

Telepon ini dikembangkan oleh Strowger Company yang didirikan pada tahun 1891 oleh Almon Brown Strowger. Telepon satu ini sudah mulai menerapkan pertukaran telepon dengan saklar elektromekanik dan sekaligus menjadi telepon pertama yang sukses besar secara komersial global.

Selengkapnya baca di : https://www.prestasiglobal.id/sejarah-perkembangan-telepon/