Mengenal Sejarah Akan Perkembangan Lampu Lalu Lintas dari Masa ke Masa

f:id:PrestasiGlobal:20200505154716j:plain

Mengenal Sejarah Akan Perkembangan Lampu Lalu Lintas dari Masa ke Masa

Tahukah kalian bahwa masalah kemacetan bukan hanya menjadi salah satu masalah umum yang terjadi di Indonesia? Iya, kemacetan juga menjadi masalah umum yang sering terjadi di kota bahkan negara besar lainnya misalnya saja London. Tidak hanya menjadi salah satu kota yang ternama di dunia, London juga terkenal menjadi salah satu kota yang terkenal dengan kemacetannya. Bahkan London memegang peran sebagai kota dengan lalu lintas paling buruk di Eropa karena tingkat kemacetannya yang tinggi. Untuk tahu lebih banyak mengenai lampu lalu lintas berikut dibawah ini adala penjelasan mengenai sejarah perkembangan lampu lalu lintas. 

Lampu lalu lintas dibuat dengan tujuan untuk mengatur lalu lintas. Bayangkan saja jika tidak ada lampu lalu lintas apa yang akan terjadi, terlebih lagi dikota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan kota-kota besar lainnya. Kalau tidak ada lampu lalu lintas pasti keadaan jalan akan sangat semrawut,  bahkan tingkat kecelakaan lalu lintas juga akan meningkat, dan tentu saja akan terjadi kemacetan di mana-mana. Oleh karena itu keberadaan lampu lalu lintas ini sangat penting sekali bagi para pengguna jalan. 

Lampu Lalu Lintas Pertama 

Karena kemacetan merupakan hal yang terjadi dimana-mana, hal tersebutlah yang melatar belakangi terciptanya lampu lalu lintas. Tahun penemu lalu lintas pertama kali adalah pada tahun 1868 di London, Inggris. Lampu lalu lintas tersebut memberikan tanda “stop” dan juga “go” pada siang hari. Namun, pada malam hari lampu lalu lintas tersebut berganti menjadi merah dan hijau. Untuk menyalakan lampu lalu lintas ini pihak pemerintah Inggris menggunakan bahan bakar gas. Oleh karena itu, setiap lampu lalu lintas maka akan terdapat satu penjaga yang akan memantau jalannya lampu lalu lintas. Nama penemu lalu lintas yang pertama kali tersebut adalah John Peake Knight. Beliau merupakan seorang manajer kereta api di Inggris dan menyarankan untuk mengadaptasi metode semapur yang pada umumnya biasa digunakan untuk kereta api untuk kemudian digunakan mengontrol lalu lintas yang ada di jalan raya. 

Sinyal lampu lalu lintas atau lampu lalu lintas yang pertama di dunia tersebut dipasang pada tanggal 9 Desember 1868. Tepatnya lampu lalu lintas tersebut di pasang di persimpangan jalan Bridge Street dan Great George Street di wilayah Westminester, London. Daerah tempat dipasangnya lampu lalu lintas tersebut dekat dengan House Parliament dan Westminster Bridge. Namun sayang sekali, sebulan setelah lampu lalu lintas ini dipasang terjadi sebuah kecelakaan yang menyebabkan polisi yang bertugas menjaga lampu lalu lintas tersebut terluka. Rupanya terjadi kebocoran gas yang mengakibatkan salah satu lampu meledak dan nahasnya mengenai polisi yang menjaga lampu lintas tersebut. Kemudian, proyek lampu lalu lintas tersebut dinyatakan berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan masyarakat dan akan segera dicopot. 

Persaingan Hak Paten 

Akan tetapi setelah 40 tahun kejadian kecelakaan lampu lalu lintas yang menyebabkan terlukanya seorang polisi yang menjaga sinyal lalu lintas di Inggris, di Amerika Serikat keberadaan sinyal lampu lalu lintas atau lampu lalu lintas mulai heboh dan menjadi trend lagi, terlebih lagi setelah dirilisnya mobil otomatis disana. Kemudian, pada awal tahun 1900an, terdapat beberapa hak paten yang telah diajukan. Masing-masing dari hak paten lampu lalu lintas tersebut memiliki inovasi yang berbeda-beda dari ide dasar sebelumnya. 

Lampu lalu lintas rancangan dari Lester Farnsworth Wire mempunyai desain yang berbentuk seperti rumah burung yang memiliki empat sisi dengan warna kuning pada sisi-sisinya.

Selengkapnya baca di : https://www.prestasiglobal.id/sejarah-perkembangan-lampu-lalu-lintas/