5 Tips yang Efektif dalam Mengajarkan Anak Bahasa Inggris Dirumah

f:id:PrestasiGlobal:20200505154421j:plain

5 Tips yang Efektif dalam Mengajarkan Anak Bahasa Inggris Dirumah

Bahasa Inggris sudah menjadi salah satu kebutuhan penting yang harus dikuasai setiap orang. Selain karena sudah menjadi bahasa internasional, mampu berbicara menggunakan Bahasa Inggris dengan fasih juga menjadi nilai lebih yang akan berguna dalam banyak hal. Itulah sebabnya, banyak orang tua ingin anaknya menguasai Bahasa Inggris, baik secara akademis maupun kehidupan sehari-hari. Sayangnya, belajar Bahasa Inggris tidak cukup apabila hanya dilakukan di sekolah dengan jam belajar yang terbatas. Les tambahan atau metode belajar di rumah akan jauh lebih membantu anak untuk belajar.

Membiasakan belajar Bahasa Inggris untuk anak dari kecil akan lebih mudah dibandingkan ketika anak sudah dewasa. Pada usia dini, anak memiliki kemampuan untuk mengingat dan belajar lebih baik sehingga akan memudahkan anak untuk menerima setiap hal yang berkaitan dengan Bahasa Inggris. Oleh karena itu, masa kanak-kanak harus dimanfaatkan untuk mengasah dan mengajarkan hal-hal positif yang akan berguna bagi si kecil hingga mereka dewasa.

Proses belajar ini akan jauh lebih mudah dan menyenangkan apabila orang tua berperan aktif dalam mengajarkan anak Bahasa Inggris. Selain sekolah, lingkungan rumah adalah tempat anak menghabiskan banyak waktu. Oleh karena itu, rumah haruslah menjadi lingkungan yang baik dan mendukung setiap proses belajar anak.

Banyak hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu anak dalam belajar Bahasa Inggris. Segala hal yang ada di rumah dapat diubah menjadi media atau metode belajar yang unik dan tidak membosankan bagi anak. Agar lebih memudahkan Anda untuk mengajar si kecil berbahasa Inggris, berikut ini 5 tips yang dapat Anda lakukan untuk membiasakan si kecil belajar Bahasa Inggris:

Lakukan Secara Rutin dan Setiap Hari

Membiasakan anak untuk belajar secara rutin memang tidak mudah, butuh kesabaran dan ketelatenan agar anak mau untuk melakukannya setiap hari. Namun, metode ini akan sangat memudahkan anak dalam mengingat setiap hal yang berkaitan dengan Bahasa Inggris. Karena anak-anak cenderung cepat merasa bosan, buatlah metode belajar yang singkat dan menarik setiap harinya. Anda dapat membuat sesi belajar dalam rentang waktu yang pendek, misalnya selama 15 hingga 20 menit. Meskipun singkat, metode belajar ini akan sangat efektif apabila dilakukan setiap hari secara rutin.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan metode belajar yang beragam seperti bercerita menggunakan Bahasa Inggris, bermain, dan menonton video yang menggunakan Bahasa Inggris. Hal-hal ini akan membantu si kecil menjadi terbiasa untuk belajar dan menggunakan Bahasa Inggris. Anda dapat memulai dengan meminta si kecil menghitung jumlah mainan yang dimilikinya dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Sebagai orang tua, Anda juga harus ikut serta untuk berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris kepada si kecil. Komunikasi sehari-hari di rumah menggunakan Bahasa Inggris akan membuat anak terbiasa mendengar dan ikut mencoba. Apalagi, di umur-umur tertentu anak akan memiliki kecenderungan untuk meniru apa yang orang tuanya lakukan dan katakana. Sehingga, metode ini dapat membantu anak untuk ikut terbiasa mendengar dan mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Inggris.

Misalnya saat anak baru bangun tidur, Anda dapat mengajarkan salam atau kalimat sederhana seperti "good morning" diikuti dengan menjelaskan artinya dalam Bahasa Indonesia. Mintalah si kecil untuk mengulanginya dan menggunakannya setiap hari.

Ciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan

Cara mengajar Bahasa Inggris untuk anak harus dengan metode yang menyenangkan. Selain menghindari si kecil yang cepat merasa bosan, metode yang menarik akan membuat anak lebih tertarik dan dapat bertahan lebih lama untuk belajar.

Selengkapnya baca di : https://www.prestasiglobal.id/5-tips-mengajarkan-anak-bahasa-inggris-dirumah/