7 Inspirasi Metode Mengajar Unik Agar Kelas Semakin Menarik dan Menyenangkan

f:id:PrestasiGlobal:20200505153916j:plain

7 Inspirasi Metode Mengajar Unik Agar Kelas Semakin Menarik dan Menyenangkan

Selama ini proses belajar mengajar di dalam kelas identik dengan guru sebagai pembicara utama dan siswa sebagai pendengar. Alhasil proses belajar mengajar pun terasa monoton. Padahal, metode mengajar turut mempengaruhi hasil dari proses belajar di dalam kelas. 

Sebagai fasilitator, guru memiliki peranan yang penting dalam menyajikan materi pembelajaran setiap harinya. Menyampaikan materi dengan metode pembelajaran yang fresh akan menumbuhkan semangat baru bagi siswa dalam mengikuti proses belajar. Lantas, seperti apakah metode belajar yang menarik bagi siswa sekolah dasar? Berikut ulasan lengkapnya.

Inspirasi Metode Mengajar Anti Monoton

Dibanding jenjang pendidikan lainnya, anak usia SD membutuhkan gaya pembelajaran yang lebih bervariatif. Hal ini dikarenakan anak usia sekolah dasar lebih senang bermain. Menerapkan metode pembelajaran yang seru menjadi kunci utama supaya anak usia SD lebih betah mengikuti pelajaran di dalam kelas.

  1. Buat game yang menarik
    Macam-macam metode pembelajaran unik yang pertama adalah dengan menyisipkan game dalam pembelajaran. Pendekatan belajar menggunakan game dapat membuat suasana belajar menjadi lebih hidup. Poin pentingnya adalah menghindarkan murid dari kebosanan setiap harinya.
  2. Manfaatkan teknologi yang ada

    Cara mengajar unik berikutnya adalah dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Jika biasanya guru mengajar dengan cara menulis di papan tulis, tidak ada salahnya Anda menggunakan laptop dan proyektor untuk menampilkan materi pelajaran.
    Guru dapat menambahkan video pembelajaran yang relevan untuk menarik perhatian dan mengarahkan fokus siswa. Dengan metode menarik semacam ini, proses mentransfer ilmu akan lebih menyenangkan bagi anak usia SD.

  3. Tumbuhkan ketertarikan siswa dengan memasukkan misteri dalam pelajaran
    Rasa ingin tahu yang besar bisa menjadi celah bagi Anda untuk memancing minat dan ketertarikan siswa pada kelas selanjutnya. Caranya adalah dengan memasukkan misteri pada pelajaran. Di akhir kelas, Anda dapat memberikan clue untuk jadwal mendatang. Cara semacam ini dapat Anda gunakan untuk mengukur seberapa besar mereka menantikan pelajaran selanjutnya.
  4. Jangan mengulangi bahan pembelajaran
    Mengulangi  kata demi kata dari pelajaran bisa jadi hal membosankan. Jika Anda perlu mengulangi materi, akan lebih bijak dengan menggunakan game. Materi serupa yang dikemas dalam bentuk game akan terasa lebih menarik bagi siswa.
  5. Jangan terlalu serius
    Cara mengajar unik selanjutnya adalah dengan menyisipkan humor dan jangan terlalu serius. Terlalu serius dalam menyampaikan materi justru membuat kelas terasa kaku dan siswa bisa merasa tertekan. Guru dapat menyisipkan humor di sela-sela materi pelajaran untuk mengurangi tingkat keseriusan dalam belajar. Selain itu, sifat humor juga dapat digunakan untuk membangun kedekatan antara guru dan murid.
  6. Ajak siswa untuk praktik

    Memberi contoh dalam bentuk tindakan secara langsung akan lebih mudah dipahami dibanding lewat kalimat. Oleh karenanya, Anda bisa mengajak siswa praktik secara langsung untuk menciptakan kelas yang menyenangkan.
    Sebagai contoh, Anda dapat mengajak siswa untuk melakukan pengamatan secara langsung terkait pengaruh sinar matahari terhadap pertumbuhan tanaman di lingkungan sekitar sekolah. Jika sudah, mintalah siswa menuliskan hasil pengamatan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman mereka.

  7. Ajak siswa berdiskusi dan jadikan pelajaran lebih interaktif
    Macam-macam metode pembelajaran berikutnya yang bisa Anda terapkan dalam keseharian adalah dengan mengajak siswa berdiskusi dan menjadikan pelajaran lebih interaktif. Jika umumnya guru menjadi pembicara utama, dalam metode ini Anda dapat melatih siswa untuk mengeluarkan pendapat dengan cara berdiskusi memecahkan masalah.

Selengkapnya baca di : https://www.prestasiglobal.id/7-metode-mengajar-agar-kelas-semakin-menarik/