Berikut 5 Pedoman Bijak agar Anak Cerdas dalam Berinternet

f:id:PrestasiGlobal:20200429161352j:plain

Berikut 5 Pedoman Bijak agar Anak Cerdas dalam Berinternet

Cerdas berinternet untuk anak-anak perlu diperhatikan oleh orang tua. Saat ini di era modern peran teknologi memang tidak bisa dipisahkan. Ketika pandemic virus Corona, semua sekolah mewajibkan muridnya melakukan pembelajaran dari rumah. Pembelajaran tentu tidak bisa dilaksanakan ketika tidak ada dukungan internet. Dengan internet kita memang bisa terhubung satu sama lain dengan mudah. Kita tetap bisa berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus bertemu secara langsung namun tetap bisa bertatap muka lewat media sosial atau lewat smartphone. Peran internet sangat penting terutama untuk anak-anak karena kita bisa menemukan sumber-sumber ilmu pengetahuan dari segala aspek juga karena adanya internet. Sayangnya, ketika peran serta orang tua tidak ada, maka anak-anak akan dengan semaunya menggunakan internet. Hal inilah yang kerap menimbulkan berbagai penyimpangan dan masalah pada anak. Anak juga bisa menjadi kecanduan berselancar didunia maya jika kita sebagai orang tua tidak tahu apa yang harus kita lakukan untuk membuat Internet aman untuk anak. Bagi anda para orang tua yang ingin membuat anak-anak cerdas dalam menggunakan internet tanpa mendapatkan efek samping dari internet maka anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini.

  1. Cerdas
    Aspek pertama adalah cerdas. Kita harus selalu berhati-hati dalam berbagi segala sesuatu yang ada di dunia maya. Saat ini kita banyak menemukan Hoax atau berita yang salah. Hal ini sangat berbahaya karena akan menimbulkan pemikiran yang salah juga. Anda sebagai orang tua yang baik harus mempertimbangkan baik-baik konten apa saja yang sebaiknya dilihat oleh anak anda dan kepada siapa saja anak anda biasa membagikannya. Anak-anak sendiri juga harus mulai diberikan pengertian dan konsekuensi yang akan muncul jika dirinya tetap berbagi informasi. Ada beberapa informasi yang sangat sensitif sehingga sebaiknya tidak diakses oleh anak-anak.
  2. Cermat
    Aspek kedua yang akan membantu anak-anak agar lebih bijaksana dalam berinternet adalah harus selalu cermat. Cermat disini berarti kita tidak boleh mudah untuk tertipu. Kita bisa mulai mengajarkan kepada anak-anak tentang bagaimana cara membedakan berita yang benar dan berita yang palsu. Selain itu anak-anak juga bisa diajak turut serta melaporkan konten-konten yang tidak menguntungkan. Anda bisa belajar mengenai tanda-tanda scam dan lain sebagainya. Ketika kita mengakses Google, ada baiknya anda selalu membaca dan mempelajari semua hal pada Panduan google. Kita tentu harus menjadi orang tua yang jauh lebih tanggap terhadap internet dan teknologi sehingga kita bisa mengontrol apa saja yang dilakukan oleh anak-anak dengan internet.
  3. Tangguh
    Aspek yang ketiga adalah tangguh. Anak-anak sebaiknya harus bisa menjaga rahasia dan juga belajar untuk bertanggung jawab untuk melindungi informasi-informasi penting seperti misalnya alamat tinggal, nama lengkap, dan lain sebagainya. Kita memang tidak akan pernah tahu siapa sajakah yang menggunakan internet. Tidak semua orang berniat baik dengan menggunakan internet. Oleh sebab itu untuk menghindari beberapa hal buruk seperti data yang diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab, ada baiknya anda juga mengajarkan anak-anak untuk tidak berbagi data-data pribadi. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membuat sandi yang lebih rumit dan kuat. Sandi ini mungkin akan rumit untuk orang lain namun tentu anda bisa membuat sandi yang berkaitan dengan anak anda, atau keluarga anda sehingga sandi ini akan dengan mudah diingat oleh anak anda.

Selengkapnya baca di : https://www.prestasiglobal.id/5-pedoman-agar-anak-cerdas-berinternet/