Inilah Bacaan Niat Puasa yang Wajib Beserta dengan Artinya

f:id:PrestasiGlobal:20200429161007j:plain

Inilah Bacaan Niat Puasa yang Wajib Beserta dengan Artinya

Bacaan niat puasa wajib adalah hal yang perlu kita ketahui ketika kita hendak menjalankan ibadah puas. Tidak terasa sebentar lagi bulan suci Ramadhan akan datang. Umat muslim menyambut bulan puasa dengan bersukacita. Puasa merupakan kewajiban yang harus dijalankan oleh semua umat Muslim. Puasa sendiri merupakan salah satu rukun islam dimana semua umat dianjurkan untuk melaksanakannya. Puasa sendiri tak bedanya dengan kewajiban untuk menjalankan sholat. Seperti halnya sholat, puasa sendiri terdiri dari dua macam. Ada puasa yang wajib dan ada juga puasa sunnah. Di bulan suci Ramadhan, umat Muslim akan menjalankan ibadah puasa wajib. Selain puasa wajib, ada juga macam puasa lainnya seperti puasa nazar, puasa qadha dan juga puasa Kafara. Puasa sunnah yang bisa dijalankan oleh umat Muslim setidaknya ada 9 jenis. Lalu ketika kita akan menjalankan puasa wajibb, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satu hal penting yang wajib untuk anda ketahui adalah Niat puasa Ramadhan yang benar. Bagaimana niat ketika kita akan menjalankan puasa wajib atau puasa Ramadhan? Di bawah ini anda akan mengetahui apa saja niat berpuasa yang harus anda hafalkan dan anda bacakan saat menjalankan ibadah puasa.

Puasa Wajib

Puasa Ramadhan

Salah satu ibadah puasa yang wajib untuk umat muslim adalah ibadah puasa Ramadhan. Seperti yang kita ketahui, semua orang di bulan suci Ramadhan akan berlomba-lomba dalam berpuasa satu bulan penuh. Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa, oleh sebab itu pahal yang anda akan dapatkan juga sangat istimewa Di bulan Ramadhan, Allah berjanji akan memberikan pahala yang berlipat kali bagi umat Muslim yang menjalankan puasa secara baik. Ketika berpuasa, Allah akan memuliakan orang yang berpuasa karena Allah mengibaratkan bahwa bau mulut orang yang berpuasa lebih harum baunya dari bau minta Kasturi.

Niat puasa ini harus anda bacakan sebelum anda menjalankan puasa atau ketika malam hari setelah anda menjalankan ibadah sholat Tarawih. Niat dan doa di bulan suci Ramadhan ini juga merupakan sebuah tahapan penting dalam melaksanakan ibadah puasa. Biasanya niat doa puasa akan diucapkan sebelum fajar tiba. Banyak orang yang bisa juga membaca doa niat berpuasa di malam hari. Selain membaca niat berpuasa, anda juga harus membaca doa bacaan ketika berbuka puasa. Lalu apa hikmah dari puasa Ramadhan ini? Ketika anda berpuasa Ramadhan, anda akan mendapatkan beberapa hikmah sebagai berikut:

  • Bisa Lebih Sabar
    Berpuasa di bulan Ramadhan akan bisa melatih kesabaran anda. Semua umat muslim tidak hanya harus menahan lapar dan haus ketika bulan Ramadhan, namun mereka semua harus bisa menahan amarah dan menahan untuk tidak berbuat dosa. Di bulan Ramadhan, biasanya aktivitas juga tetap berjalan normal. Hal ini yang menyebabkan anda tetap harus bisa menahan kesabaran sampai waktu berbuka tiba.
  • Bisa Lebih Sehat
    Berpuasa ternyata bisa membuat badan kita lebih sehat. Kita bisa makan lebih teratur dan kita bisa membatasi jumlah makanan yang kita makan.
  • Bisa Lebih Bersyukur
    Ketika berpuasa maka kita akan lebih sadar bahwa segala sesuatu yang kita miliki harus kita syukuri. Kita akan tahu bagaimana rasanya menahan lapar dan haus dalam waktu yang lama. Ketika waktu berbuka puasa, tentu kita akan lebih bersyukur dengan apa yang kita santap.

Selengkapnya baca di : https://www.prestasiglobal.id/bacaan-niat-puasa-wajib-serta-artinya/