Mengenal Jenis Tanaman Jahe sebagai Tanaman Obat Keluarga yang Berkhasiat

f:id:PrestasiGlobal:20200429160027j:plain

Mengenal Jenis Tanaman Jahe sebagai Tanaman Obat Keluarga yang Berkhasiat

Indonesia merupakan negara yang dikenal dengan kekayaan alam yang tidak dapat diragukan lagi. Berbagai macam tanaman banyak tumbuh di negara Asia Tenggara ini. Mulai dari berbagai tanaman buah, bunga unik, dan yang paling populer dalam bidang kesehatan adalah tanaman obat yang juga disebut sebagai tanaman toga (Tanaman Obat Keluarga). Kenapa disebut sebagai tanaman obat keluarga, karena jenis tanaman ini merupakan jenis tanaman yang dapat dibudidayakan atau ditanam dalam pot, halaman rumah atau lahan dirumah yang mana dapat memenuhi kebutuhan obat-obatan herbal atau alami untuk keluarga.

Jenis tanaman Toga

Pemanfaatan tanaman ini sebagai obat herbal sudah sangat lama sekali, dan semakin hari kebutuhan akan tanaman obat ini semakin naik karena kebutuhan akan obat-obatan yang alami semakin tinggi sebagai alternatif obat-obatan dokter. Tanaman Obat Keluarga sangatlah beragam jenisnya, dan masing-masing dari jenisnya memiliki manfaat yang berbeda-beda. Berikut beberapa jenis tanaman obat yang dapat kamu gunakan dalam mengobati penyakit atau menjaga kesehatan secara herbal atau alami

Tanaman toga jenis dedaunan

  1. Daun sirih merah, jenis tanaman yang begitu memiliki manfaat ini mengandung polevenolad dan flavonoid mampu menyembuhkan penyakit, mulai dari penyembuhan kanker, antioksidan, antiseptik, da juga sebagai antiinflamasi. Tak cukup sampai disitu kandungan eugenol yang terkandung dalam sirih mampu meredakan rasa sakit, dan juga kandungan karvakrol mampu mengatasi bau mulut dan juga keputihan.
  2. Daun kelor. Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan daun satu ini yang sering digunakan dalam penggunaan peribahasa. Tanaman ini bisa menjadi baik makanan maupun juga minuman. Daun kelor masuk dalam jenis tanaman yang memiliki kandungan gizi yang tinggi, seperti kandungan vitamin A dan juga vitamin C. Manfaat dari tanaman jenis ini sangatlah banyak sekali mulai dari meningkatkan imunitas, kesehatan kulit, mencegah anemia, menjaga kesehatan ginjal, dan masih lagi
  3. Daun dewa. Selanjutnya terdapat daun dewa, jenis tanaman obat keluarga yang memiliki banyak khasiat diantara adalah menjaga kesehatan kulit, diantaranya menyembuhkan kutil, mematikan virus herpes, dan juga memiliki sifat antioksidan, anti peradangan, dan juga antibakteri. Selain menjaga kesehatan untuk kulit, daun dewa mampu menyembuhkan demam, diabetes, darah tinggi, rematik, dan juga sakit ginjal.
  4. Daun bidara. Tak kalah dengan tanaman obat keluarga jenis dedaunan di atas, daun bidara ini memiliki banyak manfaat seperti melancarkan menstruasi, menyehatkan lambung, mencegah diabetes, mencegah kanker, dan juga dapat mengatasi demam dengan cara merebusnya, dan gunakan air rebusannya sebagai obat. Daun bidara juga dapat digunakan untuk kecantikan seperti mengatasi jerawat dan merawat rambut.
  5. Sambiloto. Rebusan daun satu ini memiliki rasa pahit yang sangatlah pekat, meski memiliki rasa pahit namun memiliki banyak sekali manfaat mulai dari mengobati flu, sakit tenggorokan, infeksi seperti herpes, sinusitis, dan juga kusta.
  6. Lidah buaya. Jenis tanaman yang sekarang sedang incaran para kaum hawa karena dapat menjaga kecantikan kulit wajah ini, juga memiliki begitu banyak manfaat selain menenangkan dan melembabkan kulit. Lidah buaya memiliki kandungan yang sangat kaya akan zat besi, kalsium, kalium, fenol dan berbagai vitamin yang mampu mencegah penuaan dini, penyakit degeneratif, dan juga serangan jantung.

Tanaman Toga jenis bunga

  1. Bunga Rosella. Tanaman herbal berbentuk bunga ini sering sekali dibuat untuk menjadi minuman seduh yang dapat menggantikan teh.

Selengkapnya baca di : https://www.prestasiglobal.id/mengenal-jahe-sebagai-tanaman-obat-keluarga/