3 Pesan Rasulullah Tentang Tata Cara Mendidik Anak

f:id:PrestasiGlobal:20200402162015j:plain

3 Pesan Rasulullah Tentang Tata Cara Mendidik Anak

Seperti kita ketahui bersama, Al-Qur’an dan As-Sunnah, sudah memberikan berbagai macam panduan yang jelas, tentang bagaimana cara mendidik sang buah hati. Tentunya ini menjadi sebuah keberkahan tersendiri, jika para muslim sekalian mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Rasulullah tersebut.

Melalui Al-Qur’an dan hadist inilah, Rasulullah memberikan berbagai macam panduan, bagaimana cara sebaiknya mendidik anak dalam Islam! Tentunya pola tersebut, sesuai dengan posisi dan tanggung jawab masing-masing orang tua, baik itu pihak ibu dan pihak ayah. Kedua orang tua, harus kompak, dan mampu memberikan porsinya masing-masing, agar pola pendidikan anak jadi lebih terarah. Tentunya Anda sebagai orang tua juga perlu mengetahui bahwa ada hak yang harus diberikan oleh orang tua kepada anaknya, dan demikian sebaliknya, hak antara anak terhadap orang tua. Ulasan kali ini akan membahas tentang 3 pesan Rasulullah yang patut Anda perhatikan, dalam mendidik anak, diantara sekian banyak pesan lainnya, yang berhubungan dengan pola asuh dan pola didik anak, antara lain :

  1. Memperkenalkan dan mendidik anak tentang Tauhid
    Hal pertama yang tentunya harus diperhatikan, diperkenalkan dalam cara mendidik anak, adalah tentang ketauhidan. Ini adalah hal pertama yang harus diajarkan, sebelum pelajaran lainnya, seperti mengajarkan tentang Al-Qur’an dan juga As- Sunnah.
    Mengisi iman adalah pondasi utama seorang muslim, sebagaimana yang telah dicontohkan oleh seorang Rasulullah, ke dalam dada para sahabat. Mengingat para sahabat ini adalah generasi terbaik, dari semua generasi yang ada. Ketika pelajaran ketauhidan tersebut sudah terisi, atau sudah ditanamkan di dalam dada, apalagi hingga seorang muslim tersebut mengerti benar akan makna ketauhidan tersebut. Maka ketika diberi pelajaran lainnya, yang berhubungan dengan ketauhidan tersebut, tentunya informasi tersebut akan semakin terekam, dan iman yang dimilikinya akan semakin tebal. Sedangkan jika ada beberapa informasi yang diterima berseberangan dengan ketauhidan yang pertama kali diberikan, maka dirinya akan mampu menyaringnya dengan baik. Hasilnya dirinya atau dalam hal ini sang anak, tidak akan berbuat hal-hal yang berseberangan dengan tauhid atau iman yang ada di dalam dirinya. Misalnya saja, berbuat, aneka macam hal yang dilarang oleh agama dan yang lainnya.
    Dalam Sya’bul Iman, juz 6, hal.398 dari Ibn Abbas, Rasulullah SAW pernah bersabda, bahwa setiap orang tua harus memberikan informasi tentang kalimat “Lailaha-illaallah” untuk pertama kalinya, sebelum sang anak belajar tentang kata atau kalimat apapun. Tidak hanya ketika sang anak baru lahir, ketika sang anak hendak meninggal dunia, bacaan “lailaha-Illallah”, juga sebaiknya diperdengarkan.
    Karena sesungguhnya, siapapun yang di awal dan di akhir pembicaraan menyelipkan kalimat tersebut. Maka dalam hidupnya, walaupun itu selama seribu tahun lamanya, apapun dosa yang pernah dirinya perbuatan semasa hidup, tidak akan ditanyakan kepadanya.Dilihat berdasarkan hadits di atas, Imam Al Baqir dan Imam ash Shadiq ra, dalam kitab Al Alami hal. 475, pernah berkata, bahwa ada beberapa tahapan yang dapat orang tua lakukan, ketika memperkenalkan Allah dan ketauhidan pada sang anak, yaitu :
    1. Usia 3 tahun. Sebaiknya ajarkan kepadanya sebuah kalimat tauhid, yaitu “Laila ha illallah”, kalimat tersebut sebaiknya dibacakan dan diulang sebanyak 7 kali. Hal ini dilakukan agar sang anak hafal dan mampu melafalkannya dengan baik, walaupun memang pada usia tersebut, sang anak belum dapat berbicara secara lancar.
    2. Usia 3 tahun, 7 bulan. Selang beberapa bulan kemudian, Anda akan kembali mengajarkan kalimat “Muhammad Rasulullah”. Tentu saja, kalimat tersebut, juga akan dibacakan secara berulang. Baik dalam hari yang sama, atau pada hari-hari lainnya.

Selengkapnya baca di : https://www.prestasiglobal.id/3-pesan-rasulullah-tentang-tata-cara-mendidik-anak/

 

Sekolah Dasar Terbaik Depok

 

Sekolah Playgroup Pilihan Depok 

 

TK Terbaik di Depok

 

TK Islam Pilihan di Depok

 

SD Terbaik Jakarta Selatan

 

Jasa SEO Terbaik

 

Jasa SEO Jakarta

 

Jasa SEO Indonesia