15 Tata Krama dan Sopan Santun yang Harus Diajarkan Kepada Anak

 

f:id:PrestasiGlobal:20200218143422p:plain

Bagi Anda ibu muda atau ibu yang memiliki anak berusia 2-3 tahun, sudahkan Anda memperkenalkan tata krama kepada mereka? Jika belum, ada baiknya Anda mulai memperkenalkan tata krama dan sopan santun kepada anak Anda. Mengajarkan tata
krama dan sopan santun kepada anak sangat diperlukan saat ini mengingat semakin banyaknya anak yang lupa dengan tata krama dan sopan santun.

Fungsi dari pengenalan tata krama dan sopan santun kepada anak adalah untuk bisa menghargai orang lain. Anda pastinya juga akan bangga jika buah hati Anda mampu berbuat baik dengan orang lain. Anda bisa mengajari anak mengenai sopan santun terhadap orang tua sebelum yang lainnya. Dimulai dari hal kecil seperti mengajarkan anak untuk bersalaman, berdoa sebelum melakukan sesuatu, dan memberitahu anak bahwa orang tua harus dihormati.

Jika sudah, Anda bisa memberitahu mengenai tata krama dan sopan santun yang lain kepada anak. Anda bisa mulai mengajari anak Anda mengenai sopan santun dan tata krama sejak anak berusia satu tahun atau ketika anak sudah mulai aktif bergerak.

Anda bisa mulai untuk mengajarkan anak Anda mengenai tata krama dan sopan santun sejak usia satu hingga dua tahun.Setelah mengajarkan anak untuk selalu berdoa sebelum melakukan sesuatu, Anda bisa mengajarkan anak untuk menyapa orang lain. Pada usia ini tentu saja anak akan mulai bertemu dengan banyak orang. Anda perlu mengajarkan anak untuk menyapa orang lain yang ditemui dengan cara Anda menyapa mereka terlebih dahulu dan berbicara dengan orang itu. Secara tidak langsung anak Anda akan menerima pengaruh yang baik pada dirinya dan akan menanamkan pengetahuan bahwa kita harus berbuat baik dengan orang lain.

Usia berikutnya yaitu pada usia tiga hingga empat tahun, Anda harus bisa menjaga perilaku Anda. Mulai dari berbicara hingga perlakuan kepada orang lain. Pada usia ini anak lebih suka menirukan hal yang dilakukan orang dewasa, jadi Anda harus berhati-hati dengan perilaku Anda. Dengan kondisi ini, Anda bisa memanfaatkannya sebagai bahan untuk anak belajar mengenal hal lain begitu juga tata krama. Anda bisa mulai mencontohkan untuk makan dengan tangan kanan, makan dan minum sambil duduk, dan tidak berbicara ketika mulut sedang penuh. Lalu apa saja tata krama dan sopan santun yang harus diajarkan kepada anak?

1. Mengajarkan anak untuk berkata tolong dan terima kasih 

Hal pertama yang harus Anda ajarkan kepada anak adalah mengucapkan tolong dan terima kasih. Anda bisa mengajarkan anak yang sudah bisa berbicara dengan mengucapkan kata tolong ketika meminta bantuan atau kesulitan melakukan sesuatu, dan mengucapkan terima kasih ketika mendapat pertolongan atau mendapat sesuatu dari orang lain

Selengkapnya baca di sini

 

Sekolah SD yang bagus di Depok

Playgroup Islam di Depok

Sekolah Playgroup di Depok

Sekolah SD Unggulan di Depok

Playgroup Terbaik di Depok

Playgroup Depok

Daftar Sekolah SD terbaik di Depok